boleh dilihat

HEADLINE

PERJALANAN_Cerpen Maghvirah(Sastra Harian)


Redaksi Simalaba menerima tulisan puisi (minimal 5 judul), cerpen dan cernak (minimal 4 halaman A4) esai, opini, artikel dan liputan kegiatan yang sesuai dengan visi dan misi media Simalaba untuk dipublikasikan setiap hari (selain malam minggu) 
kirim karyamu ke e-mail : majalahsimalaba@gmail.com
Beri subjek SASTRA SETIAP HARI. Program ini untuk memberi ruang bagi sahabat pemula Dalam dunia sastra agar tetap semangat berkarya (Belum berhonor)
Redaksi berhak menyunting naskah yang masuk tanpa mengurangi maksud dan isi dari tulisan.



Cinta? menurut kalian apa itu cinta? Cinta itu adalah sahabat.  Sahabat itu adalah cinta. Kenapa aku bilang cinta itu adalah sababat. Ya memang  secara umum.

Cinta itu saling suka sama lain. Tetapi tidak denganku, sahabat adalah kehidupanku dengan mereka aku bisa berbagi kisah, melangkah bersama dan saling ada dikala suka dan duka. Seperti sahabat-sahabatku. Mereka adalah yang terbaik dan yang pertama sekaligus yang terakhir menjadi sahabatku.

Saat ini aku tidak terlalu mementingkan yang namanya cinta. Karena aku sekarang lebih mementingkan sahabat ketimbang cinta. Kalian percaya pada takdirkan? So.... jangan khawatir, cinta akan datang sendiri menghampiri kalian. Hanya butuh waktu saja.

Sini kenali aku lebih dekat.

Aku adalah seorang manusia yang berwujud perempuan. Aku cantik, kenapa? Karena aku perempuan. Aku tidak bilang diriku jelek karena aku menghargai ciptaan Tuhan. Aku jauh dari kata baik, aku ini jahat. Ingat, penampilan bisa membohongi orang. Penampilanku memang tidak seperti seorang penjahat, tetapi sifatku adalah jahat. Baikku hanya muncul sesaat, itupun hanya dengan orang yang begitu dekat denganku. Termasuk keluargaku dan juga sahabatku.

Banyak yang bilang aku pendiam dan tak banyak bicara, yaa memang. Aku bukan orang pendiam, bukan juga orang yang suka banyak bicara. Cuma memang suka menempatkan kapan harus ngomong dan kapan enggak usah ngomong. Paling-paling ngomong secara lepas sama orang yang sudah begitu akrab saja. That’s my position in social life.

Kenalin sama sahabat-sahabat aku. Five girls itulah kami berlima. Pertemuan kami waktu pertama kali masuk sekolah tingkat atas, yaitu di SMK. Kami bertemu di kelas yang sama. Armay Sy Balvir adalah nama singkatan dari nama kami berlima. Asiiik yaaa. Hmmm ngomong-ngomong soal nama grup kami itu siapa yang namain ya? Entah aku juga tidak ingat lagi kapan. 

Begitulah takdir mempertemukan kami berlima di sekolah ini. Berjalan begitu saja tanpa ada yang mengetahuinya. Begitu juga sebaliknya kalian juga harus percaya soal cinta, tidak perlu dikejar yang hanya membuat hati sakit saja. Seperti aku huuft...menyukai seseorang dan orang tersebut menyukaiku juga dan yaa..... begitulah cintaku ini tidak ada balasannya hahaha. Aneh memang. Tapi aku sudah membuat suatu keputusan dimana aku tidak lagi mengejar yang namanya cinta. Dia saja tidak peduli bahkan sudah menemukan yang lain dibanding aku. 

Arma saputri ningsih alias Ciimut. Orangnya pendek cantik, imut dikit, bawel? Banget, cerewet? Parah, kadang juga memujiku terlalu berlebihan. Heheheh bukan maksud mau menjelekkan sahabat aku sih.. supaya lebih greget dikit.

Mayratnasari alis Masad. Jidatnya lebar, jenong, cempreng tapi kalau nyanyi bagus banget eey, cantik, baik banget orangnya. Kalau lagi teriak suaranya mengelegar dan menggema kemana-mana bikin telinga orang sakit.  Soalan cinta enggak kelar-kelar.

Desy Khairah alias Kak Ngah. Rempong? Banget,berani? No 1 di kelas. Walaupun sekali-sekali buat marah tapi yaa enggak bakal marah lama-lama. Dengan kerempongannya itulah kami sering kesel tapi juga sekali membawa keberuntungan sih.

Putri Balkis alias Inces. Panjang eey, paling tinggi di antara kami berlima. Pemakan segala akut tapi enggak gendut-gendut hehhhe. Pintar? Banget, soalan matematika tanyakan saja padanya.

Maghvirah. Ini aku sendiri, cantik? Iya, baik? Banget, pintar? Rata-rata. Nama panggilan aku banyak ada Vije(Masad yang ngasih nama secantik ini), Vira nama aku sendiri.

Tidak terasa hampir dua tahun berlalu. Suka dan duka hilir berganti, seiring dengan bergulirnya waktu. Bersama kalianku lihat indahnya sebuah perjalanan. Perjalanan dimana pertemanan bermetamorfosis menjadi lebih kuat dan indah. Bersama kalian kulihat lagi arti sebuah persahabatan seperti saat masih putih abu-abu. Masa di mana persahabatan akan berubah menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan. Five girls teruslah melangkah bersama.

Hari ini adalah hari yang membahagiakan, kami baru saja berjumpa dikarenakan ada sesuatu hal yang harus disampaikan oleh pihak sekolah. Pertemuan kami ini penuh dengan keasyikan dan kebahagiaan. Bagaimana tidak kami saja baru bisa jumpa itupun tidak menentu. Karena untuk masa depan kami juga makanya kami berpisah untuk sementara. Bagaimana kalau kita sudah dewasa dan harus mengajar mimpi kita masing-masing? Pasti akan begitu sulit bagiku karena harus berpisah.

Karena dengan adanya sahabat aku baru merasakan arti kehidupan, karena merekalah sekarang aku bisa berubah dan tidak sebodoh dulu yang hanya bisa meletakkan pena di atas kertas putih kosong dan hampa. Walaupun sekarang kegiatan sehari-hariku hanya menulis di atas kertas putih yang berbeda, sekarang kertas putih itu telah diberwarnai oleh mereka yang hadir dalam hidupku. Hahhaa...menakjubkan bukan? Aku yang dulunya hanya seorang yang tidak berarti apa-apa sekarang dengan kemampuanku akan kutunjukkan pada dunia bahwa aku juga bisa. Pada dasarnya aku diciptakan untuk bermanfaat bagi semua orang, dan aku sedang berusaha.

Five girls......Thanks to all.

Kita sedang berjalan di atas kertas putih yang masih kosong. Aku ingin kita berjalan sama-sama dan mewarnai kertas putih ini. Dengan kemampuan kita masing-masing dan segenap raga kita raih suatu hal yang berharga seperti melempar ujung tombak dan tepat mengenai sasaran. Gapai cita-cita setinggi langit, ketika kita jatuh kita akan jatuh di antara bintang-bintang. Akan tiba masa dimana kita akan juga berpisah, karena berbeda keinginan yang harus dituruti. 

Aku tidak akan menghalangi kalian, buat aku bangga karena telah menjadi sahabat berartiku. Selama dua tahun ini kita terus bersama hanyaa satu tahun yang akan kita tunggu untuk kedepan apakah kita akan bertemu kembali. Aku harap bisa walaupun tidak sesering dulu waktu pertama kali kita dipertemukan. Kalau di ingat-ingat lucu juga ya kita? Hehehh kita yang tidak saling kenal sekarang menjadi seperti satu keluarga.

Seperti pelangi yang muncul dan pergi, dengan setetes hujan pelangi akan kembali. Begitu juga dengan kalian setelah berpisah jangan lupa untuk kembali. Entah kenapa perasaaan sayang aku terhadap kalian itu berbeda. Aku begitu menyanyangi kalian, kalian adalah keluarga keduaku setelah keluarga besarku. Five girls apakah kalian percaya padaku? Kita pasti akan berpisah! Keinginanku dan keinginan orang tuaku itu berbeda. Aku tidak tau apa yang akan terjadi selanjutnya. 

Aku sudah mengatakan kalau kita akan berpisah untuk mengejar mimpi masing-masing, selagi masih bersama kita akan berjalan meraih apa yang sanggup bagi kita. Bal, sad, ar, des..........wish you all the best. Selebihnya aku hanya bisa pasrah dan berdoa. Kalian akan pergi.....hati kecilku mengatakannya.

Angin akan bertiupan kencang, berpegang eratlah pada keteguhan supaya kalian berhasil. Succses, succses and succses.

Malam yang sangat menyenangkan. Bisa tertawa bersama, mengenang masa putih abu-abu. Masa dimana kita mencari jati diri dan arti dari sebuah ikatan. Belajar bersama, membuat masalah bersama, tak jarang ada guru yang mengeluh karena kenakalan kita saat itu. Semua berlalu begitu cepat. Waktu berjalan sesuai dengan apa yang ia inginkan. Kita tertinggal, bersama kenangan juga kerinduan yang cukup dalam. Masa yang dulu tak sabar ingin kita tiggalkan demi sebuah mimpi dimasa depan, kini mulai kita rindukan. Masa putih abu-abu yang begitu menyenangkan. Namun, tak sedikit dari kita merasa bosan. Hanya mampu berharap bahwa masa itu berlalu. 

Kini semuanya bebeda. Terima kasih untuk semua kenangan yang kalian torehkan. Sebuah pengalaman yang takkan terlupakan. Sebuah pelajaran dan arti dari persahabatan. Meski waktu telah berlalu, kuharap rasa rindu akan tetap beradu meski tergerus waktu. Semua masa takkan sama, suka duka selalu ada. Meski banyak orang baru yang kini ada di hidupmu, ingatlah satu hal. Bahwa dulu kita pernah berjuang bersama. Kita pernah merasakan apa itu kesusahan juga kenakalan. 

Semuanya takkan sama. Cara kita bertemu dan berpisah takkan sama seperti yang lainnya. Jika suatu saat kita berpisah dan kau dapatkan teman yang lebih baik dariku, kuharap akan tersisa satu ruang, dimana kau masih menyimpan kenangan tentangku sebagai bagian dari ceritamu.

Kerapku berdoa, agar persahabatan kita takkan pernah pudar hingga ujung usia. 

Aku senang kalian masih bisa bersamaku dalam candaan yang begitu hangat. Aku senang kalian masih bisa peduli padaku saat aku benar-benar butuh bantuan kalian dan aku sangat berterima kasih. Harapan yang kita gantungkan bersama khayalan yang manis akan segera terwujud, kalian sahabat terbaik. Saat tangisku tak dapat lagi kubendung, pelukan kalianlah yang berusaha untuk menenangkannya. Tetap setialah denganku, tetap pula erat pegang tanganku karena saat kau terjatuh aku akan ada di sampingmu.

Disini ada tangisan, ada perjuangan, ada duka, ada tawa, bahagia dan rindu. Dan itu semualah yang memberatkan kita ketika harus berpisah.

Aceh, 25 Juli 2019.


Tentang Penulis:

Maghvirah, lahir di Keude Peureulak, Aceh. sosok introvert yang menyukai literasi dan Harris J, Cogan wattpad dll. Hobi menulis, menggambar, membaca buku fiksi, bikin cerpen, quotes, puisi, musik, edit video dll.

Tidak ada komentar