HEADLINE

DLH Pandeglang Lakukan Kampanye Pengelolaan Sampah

(Liputan Ano Rakhman)

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pandeglang  belum lama ini melaksanakan sosialisasi Penyuluhan dan kampanye lingkungan  hidup  pada Kamis (26/6), kegiatan kampanye bertempat di Gedung KP-RI HIKMAH Labuan Jl. Jend Sudirman No. 100. Sosialisasi ini merupakan rangkaian kegiatan Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan DLH Kab. Pandeglang  dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Para anggota PKK, Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM)  zona Tiga Kecamatan,  Carita, Labuan dan Pagelaran serta para camat di tiga kecamatan tersebut

Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan, Yana Rudiana, SH mengatakan, "Tujuan sosialisasi ini adalah untuk memanfaatkan pengelolaan sampah melalui bank sampah serta pemanfaatan sampah rumah tangga dengan metode eco enzyme. Hal ini menjadi momentum awal membina kesadaran kolektif masyarakat untuk mulai memilah, mendaur ulang dan memanfaatkan sampah guna membangun lingkungan yang lebih baik sekaligus membangun ekonomi berbasis kemasyarakatan." 

Sosialisasi bank sampah ini juga bertujuan sebagai wadah bagi masyarakat untuk dapat mengembangkan kreatifitasnya dengan harapan dari sampah bisa menjadi berkah.

Ratu Nia Kurniawati, SE yang bertindak sebagai nara sumber mengatakan, bahwa paradigma pengelolaan sampah yang bertumpu pada pendekatan akhir sudah saatnya ditinggalkan dan diganti dengan paradigma baru pengelolaan sampah. Nah, paradigma baru ini mesti melihat sampah sebagai sumber daya yang mempunyai nilai ekonomis serta bisa dimanfaatkan. Bank sampah sendiri merupakan strategi dalam mengembangkan serta membangun kepedulian masyarakat agar menganggap sampah sebagai kawan, bukan lagi  menjadikannya sebagai lawan.
Nurul Huda Pratama, SE  juga sebagai Narasumber  menambahkan bahwa bank sampah ini nantinya diharapkan akan memiliki banyak nasabah seperti bank-bank pada umumnya. Dia juga berharap dengan adanya bank sampah dapat menyadarkan masyarakat arti pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.



Tidak ada komentar