HEADLINE

Budidaya Ikan Nila di Teras Rumah

Liputan Delis Nur Anisa (Jurnalis Simalaba Serang)

Ikan adalah salah satu sumber gizi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Saat ini budidaya ikan sangat mudah dan siapapun bisa melakukannya, asal kita punya keinginan disertai jiwa kreatif.

Selama ini para petani pembudidaya ikan mesti memiliki lahan yang luas, namun sekarang budidaya ikan cukup hanya bermodalkan terpal, dengan metode bioflok. Uniknya lagi, ada lokasi budidaya yang hanya di teras rumah saja dengan memanfaatkan lahan yang sangat minimalis, tetapi cukup berhasil. Ini tepatnya berada di Gren Sukawana Kel. Sukawana Kec. Curug Kota Serang-Banten.

Mang Ridu, sehari hari berprofesi sebagai karyawan, tetapi ia menyempatkan waktunya untuk budidaya ikan nila di teras dan belakang rumahnya. Awalnya didorong karena hobby dan jiwa kreatifitasnya yang tinggi.

" Ini nggak mengganggu kerja kita sebagai pegawai atau karyawan, kok! Kita bisa lakukan di hari libur, sepulang kerja dan sebelum berangkat kerja. Lumayan bisa mencukupi kebutuhan gizi keluarga dan bisa kita jual juga untuk menambah pemasukan." Demikian kata Mang Ridu pada Simalaba saat silaturahmi ke kediamannya pada 05 juli 2023 kemarin.

Awalnya hanya coba coba saja namun cukup berhasil, Mang Ridu bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulan dengan hanya memanfaatkan lahan sempit. Ia juga tidak pernah lagi membeli bibit ikan nila dari luar, semua diproduksi di tempat ini. Siapa sangka, di teras dan belakang rumah rupanya Mang Ridu telah menghasilkan ratusan kg ikan nila merah secara rutin tiap bulan. Bermodalkan 5 kolam tembok, 3 kolam terpal dan satu kolam untuk pemijahan induk.

Tidak ada komentar