boleh dilihat

HEADLINE

TEMPAT WISATA DI BANTEN : SITUS BATU QURAN


Tempat ini cukup terkenal di Provinsi Banten sebagai salah satu destinasi wisata religius yang selalu ramai didatangi pengunjung dari berbagai daerah seperti Jakarta, Tangerang dan Bogor terutama menjelang weekend atau hari hari perayaan keagamaan. 

Sebuah desa yang sejuk dan damai di bawah lembah Gunung Pulosari dengan sumber mata air yang begitu melimpah mengalirkan urat urat kehidupan bagi setiap warganya.

Akses menuju tempat wisata yang terletak di Desa Kadubumbang Kecamatan Cimanuk Kabupaten pandeglang Provinsi Banten ini sangat mudah, perjalanan dapat ditempuh sekitar 1 jam lebih dari Kantor Pusat Pemerintahan Provinsi Banten, baik menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Menurut riwayat konon situs Batu Quran ini mulanya adalah tempat pijakan Syech Mansyur, Seorang ulama yang termahsyur di zamannya. Waktu itu beliau ingin pergi ke Mekkah, Yang mana sekembalinya beliau dari sana diikuti oleh munculnya mata air yang mengalir tiada henti sehingga hampir menenggelamkan tempat tersebut. Beliau kemudian mengambil kitab al quran dan menggunakannya untuk menutup mata air tersebut seketika air berhenti dan alquran itu menjadi sebuah batu yang terletak di dalam sebuah kolam yang airnya konon tak pernah kering hingga sekarang

Secara fisik batu yang terlihat hanya seperti tumpukan batu biasa yang terendam di dalam air, konon hanya orang orang yang memiliki kemampuan dan telah melalui ritual tertentu yang dapat melihat tulisan alquran yang tertera di batu tersebut.

Ada juga keyakinan di masyarakat yang mengatakan bahwa jika mampu mengelilingi batu tersebut sebanyak tujuh kali maka segala yang dihajatkannya akan terkabul, sehingga banyak orang berziarah kesana dengan berbagai kepentingan seperti berdoa maupun sekedar mandi di kolamnya.


Terlepas itu semua benar atau tidak semua kembali kepada niat kita masing masing, karena kebenaran hanyalah mutlak milik Allah seutuhnya, yang jelas hingga hari ini tempat ini selalu ramai dikunjungi baik orang orang yang ingin berziarah ataupun hanya sekedar berwisata.

Liputan R. Tia


Tidak ada komentar