boleh dilihat

HEADLINE

Peluncuran Semiotika Langit di Malam Puisi Ciputat_Oleh Syaidina Sapta Wilandra






Sabtu (30/03) Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Ciputat, mengadakan Malam Puisi Ciputat. Acara yang diselenggarakan untuk apresiasi sastra ini diinisiasi sejak tahun 2017 yang lalu. Digelar rutin setiap Sabtu malam pekan terakhir tiap bulannya, acara ini diadakan di Intermezzo Cafe. Depan Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Acara dimulai pada pukul 20.00 dan berlangsung hingga 23.00 WIB.



Selain FLP Cabang Ciputat, sering hadir pula berbagai komunitas lain untuk memeriahkan acara seperti Keluarga Pecinta Sastra (KPS) Ciputat. Juga masyarakat umum pun turut hadir sekadar menikmati atau bahkan ikut berpartisipasi dalam acara.

Selain pembacaan puisi dalam acara Malam Puisi edisi bulan Maret ini juga sekaligus peluncuran buku antologi puisi karya Nila Munasari, anggota FLP Cabang Ciputat dan juga Ketua KPS Ciputat. Dalam karya terbarunya berjudul Semiotika Langit ini, merupakan kumpulan puisinya yang ditulis dalam rentang 2017 hingga 2018.

Di karyanya ini Nila menyebutkan terinspirasi ketika sedang berada di Pantai melihati lautan, batuan, pepohonan, dan  juga langit yang menurutnya terasa indah. Sehingga dia mulai menemukan inspirasi untuk menuliskan puisinya. “Semiotika artinya adalah tanda. Jadi setiap ciptaan Tuhan di semesta ini pasti memiliki tanda kekuasaan-Nya,” ujarnya.
Namun selain bertemakan religi, dalam antologinya ini juga memuat berbagai tema mulai dari sosial hingga roman.


Seusai peluncuran dan bedah buku Semiotika Langit, acara dilanjutkan dengan pembacaan puisi oleh para peserta yang hadir. Ada pula yang memilih musikalisasi puisi, atau sekadar menyumbang suara untuk bernyanyi.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi wadah dan pemantik kepada siapapun khususnya para pegiat sastra untuk terus berkarya. “Harapan saya dengan adanya acara Malam Puisi Ciputat ini bisa menjadi wadah kekaryaan untuk para pegiat sastra, khususnya yang ada di Ciputat, dan bisa dinikmati semua orang. Dan juga agar melalui kegiatan ini FLP Cabang Ciputat bisa terus menghasilkan karya-karya yang luar biasa,” ujar Zham Sastera, Ketua FLP Cabang Ciputat.


Tidak ada komentar