boleh dilihat

HEADLINE

TEMIANGAN: wisata alam yang baru ditemukan




Antusias pengunjung yang ingin mengabadikan momen kabut tebal yang bisa disaksikan dari pucuk Bukit Temiangan, tentu pengunjung ingin secara langsung menikmati sensasi berada di negeri awan. Pesona yang cukup langka ditemukan di belahan bumi lain, tetapi di Lampung Barat, ini bukan mustahil, hamparan kabut laksana kapas ditumpahkan dari langit, menutupi seluruh pemukiman warga Dusun Trimulyo dan sekitarnya. Kemudian kecantikan matahari tenggelam menjadi nilai plus yang memiliki daya tarik khusus, hidangan mata bagi para penikmat wisata alam.




Baru sekitar 5 bulan, Bukit Temiangan, ini disadari masyarakat sekitar sebagai potensi wisata yang siap memanjakan para pengunjung dengan hamparan kabut tebal, ketika malam pandangan mengarah ke pemukiman warga kelap-kelip lampu di kejauhan laksana taburan bintang, dan ketika pagi membangunkan segala hasrat, seolah menjejakkan tumit di negeri awan, begitu nyata dan bukanlah sebuah cerita dongeng sebelum tidur, akan tetapi di Desa Trimulyo-Kecamatan Gedung Surian-Lampung Barat, negeri di awan itu benar benar ada. 



Pengunjung biasanya membanjiri ketika malam minggu, dan di area Wisata Temiangan, sudah dipetak-petak sebagai tempat mendirikan tenda. Ke-eksotisan kabut, biasanya muncul beberapa jam setelah turun hujan, dan dianjurkan bagi para penikmat wisata alam untuk membawa perlengkapan yang cukup jika akan mengunjungi Wisata Bukit Temiangan. Ada pun perlengkapan yang dibutuhkan seperti tenda, jaket tebal, selimut tebal, karena di area wisata, cuacanya sangat dingin.


Wisata ini menambah daftar panjang keindahan wisata lokal, walau pun masih dalam tahap penataan. tak bisa diragukan lagi beraneka ragam keunikan ada di bumi yang banyak ditumbuhi bukit. Sangat jarang ditemukan musim kabut di wilayah lain yang sanggup memanjakan mata bila melintas di wilayah Lampung Barat, saat pagi hari juga barisan bukit menghijau memagari jagad Lampung Barat.

Akses menuju lokasi Temiangan, tebilang sulit, jalannya menanjak, tetapi pemerintah setempat telah meninjau lokasi tersebut dan telah memulai pembangunan untuk menata dan mempermudah akses menuju lokasi. Tidak hanya pesona alamnya saja yang mengagumkan, tetapi kesetabilan iklim cuacanya yang merupakan sumber terpenting bagi kehidupan makhluk, terutama manusia. Lampung Barat ini merupakan contoh tauladan kelestarian alam, sebab itu Wisata Temiangan layak dinobatkan menjadi salah satu wisata terbaik dan terindah di bumi sejuta pohon kopi.

(Liputan Q Alsungkawa, Lampung Barat)

Tidak ada komentar