boleh dilihat

HEADLINE

HILANGNYA HUTAN KAMI




Hutan adalah kekayaan universal yang memiliki andil besar untuk menjaga siklus kehidupan makhluk di muka bumi ini agar tetap berjalan seimbang.


Maraknya eksploitasi hutan yang menyebabkan hilangnya pepohonan tentunya akan mengarah pada munculnya pemanasan global. Suhu bumi yang semakin panas akan mempengaruhi perubahan iklim di berbagai negara di belahan dunia, musim kering atau banjir yang berkepanjangan hingga tenggelamnya pulau pulau kecil karena meningkatnya permukaan air laut yang disebabkan oleh mencairnya gunung gunung es di Kutub.


Sebab tidak akan ada lagi pohon pohon yang menyerap curah hujan lalu menghasilkan uap air untuk dilepaskan ke udara dan kemudian dikembalikan lagi ke permukaan bumi dalam bentuk butiran butiran hujan.



Tidak ada lagi akar akar yang mampu menahan derasnya aliran air di permukaan, tanah kehilangan semua unsur hara yang sangat dibutuhkan tanaman untuk hidup, semua terbawa hanyut hingga menyebabkan banjir di hulu pemukiman.


Tidak ada lagi udara segar yang dikirim dari langit untuk dihirup dalam dalam di rongga dada sebab atmosfir bumi sudah terlalu dipenuhi oleh karbondioksida.


Punahnya habitat satwa satwa liar karena hilangnya tempat tinggal untuk melangsungkan hidup dan berkembang biak.




Mengerikan, lalu di belahan bumi yang manakah engkau dapat bersembunyi? sejumlah uang yang kau punya tidak akan mampu untuk membeli udara, air bersih bahkan hanya untuk satu bulan saja.



Lindungilah hutan kita, seperti nenek moyang yang menjaga segenap kearifan tanah ini dengan segenap jiwa raga ( R. Tia dari berbagai sumber)




Tidak ada komentar