boleh dilihat

HEADLINE

SERUNYA MENCARI KEONG MATA LEMBU DI AKHIR PEKAN | Oleh R. Tia |

Menyusun agenda menangkap sendiri sumber protein yang akan kita masak tentunya merupakan momen spesial yang sayang untuk dilewatkan apalagi jika aktivitas tersebut bisa dilakukan berbarengan dengan orang orang terkasih untuk mengisi waktu luang dengan melakukan kegiatan positif, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku di tengah pandemi yang belum kunjung reda di negeri ini.

Selain dapat menjadi aktivitas yang menarik, hasil tangkapan yang segar nantinya tentu sangat berpengaruh terhadap citarasa masakan yang dihasilkan juga kandungan nilai gizi yang diserap oleh tubuh kita.

Target kita kali ini adalah keong mata lembu (turbo argyrostoma limnafeus) atau oleh masyarakat pesisir Pantai Carita dikenal juga dengan sebutan keong mata peucang atau keong mata kancil. Keong jenis ini dapat ditemukan di area pantai yang berkarang yang ditumbuhi tanaman serupa rumput laut di sela ombak laut yang mulai beranjak surut.

Hanya butuh sedikit keberanian untuk berjalan di antara jilatan ombak sebab keong jenis ini akan keluar dari persembunyiannya menjelang sore hari ketika air memasuki celah celah karang. Warnanya yang sangat membaur dengan habitatnya membuat kita sangat mudahterkecoh, namun jika jeli anda akan beruntung bisa membawa pulang banyak siput ini hanya dalam waktu sebentar.

Rasa seafood ini tentunya sangat gurih bahkan walau hanya sekedar direbus dengan garam apalagi jika dipadankan dengan bumbu dan rempah rempah yang segar. Tentunya membuat siapa saja jadi ketagihan. Penasaran kaaan? Yuk dicoba 😊


Tidak ada komentar